-->

Perbedaan Besar Antara 4G dan 5G


Pengembangan aplikasi ridesharing, seperti Uber dan Lyft, dimungkinkan oleh 4G. Dengan 5G, mobil yang dapat melakukan ridesharing suatu hari nanti bisa menavigasi sendiri - tidak diperlukan pengemudi manusia.

Mobil self-driving hanyalah salah satu dari banyak aplikasi potensial dari 5G, jaringan nirkabel generasi berikutnya yang terus diluncurkan di seluruh Amerika Serikat, dan di negara-negara lain di seluruh dunia.
Perusahaan berlomba untuk memiliki jaringan 5G tercepat atau terbesar. Dan negara-negara berlomba untuk menjadi yang pertama menyebarkan 5G yang berfungsi penuh, berskala nasional, karena banyak inovasi revolusioner yang diantisipasi para ahli akan dibangun di atasnya.
Tetapi pelanggan nirkabel harus menunggu beberapa saat untuk melihat manfaat utama yang bisa dibawa 5G suatu hari nanti. Itu karena banyak masuk ke jaringan untuk mengaktifkan teknologi baru, termasuk kota pintar, operasi jarak jauh dan pabrik otomatis.
Tiga perbedaan utama antara 4G dan 5G adalah kecepatan yang lebih cepat, bandwidth yang lebih tinggi dan "latensi" yang lebih rendah, atau jeda waktu dalam komunikasi antara perangkat dan server. Tetapi tunjangan itu akan membutuhkan pembangunan banyak infrastruktur baru dan miliaran dolar dalam investasi tahunan.

Kecepatan
Kecepatan adalah salah satu elemen yang paling ditunggu-tunggu dari jaringan generasi berikutnya.
5G diperkirakan hampir 100 kali lebih cepat dari 4G. Dengan kecepatan seperti itu, Anda dapat mengunduh film dua jam dalam waktu kurang dari 10 detik, tugas yang memakan waktu sekitar tujuh menit pada 4G (tidak ada lagi panik saat mencoba mengunduh hiburan dalam penerbangan Anda di landasan sebelum pesawat lepas landas) .
Kecepatan cepat memiliki aplikasi konsumen yang jelas, termasuk streaming film dan unduhan aplikasi, tetapi mereka juga penting dalam banyak pengaturan lainnya. Pakar pabrikan berbicara tentang kemungkinan menempatkan kamera video di seluruh pabrik, dan dengan sangat cepat mengumpulkan dan menganalisis sejumlah besar rekaman untuk memantau kualitas produk secara real-time.
Kecepatan itu dimungkinkan karena sebagian besar jaringan 5G dibangun di atas gelombang udara frekuensi super tinggi, juga dikenal sebagai spektrum pita tinggi. Frekuensi yang lebih tinggi dapat mengirimkan lebih banyak data, lebih cepat dari pada 4G.
Tetapi sinyal yang bepergian pada spektrum pita tinggi tidak dapat berjalan jauh dan mengalami kesulitan menembus dinding, jendela, tiang lampu, dan permukaan keras lainnya. Itu sangat tidak nyaman ketika kita ingin komputer kecil yang kita bawa kemana-mana untuk terus bekerja ketika kita berjalan keluar dari stasiun kereta bawah tanah, di jalan dan ke kantor.

Untuk mengimbangi tantangan-tantangan tersebut, operator nirkabel yang membangun jaringan 5G pita tinggi memasang banyak situs sel kecil (seukuran kotak pizza) ke tiang lampu, dinding atau menara, seringkali dalam jarak yang relatif kecil satu sama lain. Karena alasan itu, sebagian besar operator menggunakan kota 5G demi kota - agar jaringan berfungsi, kota harus penuh dengan sel-sel kecil itu.
Mungkin juga banyak gedung akan mendapatkan situs sel 5G mereka sendiri untuk memastikan fungsi jaringan di dalamnya.

Kapasitas
Kita semua pernah mengalami momen frustasi ketika Anda berada di daerah yang relatif kecil dengan sekelompok orang - konser, stadion olahraga atau bandara selama musim liburan - dan Anda melihat "roda kematian" ketika mencoba membuka halaman web atau mainkan video Instagram.
Terlalu banyak perangkat yang mencoba menggunakan jaringan di satu tempat dapat menyebabkan kemacetan. Infrastruktur jaringan tidak dapat mengatasi sejumlah besar perangkat, yang mengarah pada kecepatan data yang lebih lambat dan waktu jeda yang lebih lama untuk mengunduh.
5G diharapkan untuk menyelesaikan masalah itu - dan kemudian beberapa. Jaringan generasi berikutnya diharapkan memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada 4G. Itu berarti tidak hanya koneksi yang lebih baik untuk ponsel semua orang, sehingga Anda dapat dengan lebih mudah membual di media sosial tentang berada di pertandingan besar. Ini akan memungkinkan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat ke jaringan.
Para ahli membandingkan jaringan 5G dengan jalan bebas hambatan yang baru dan lebih baik dengan lebih banyak jalur untuk dilalui lebih banyak mobil. Elemen pembaruan ini dapat menciptakan peningkatan bandwidth untuk era "internet of things", diisi dengan sikat gigi yang terhubung, peralatan dapur, lampu jalan, dan lainnya.

Latensi
Terdapat perbedaan kecil namun signifikan antara kecepatan dan latensi, yang merupakan waktu yang diperlukan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain atau dengan server yang mengirimkan informasi kepada mereka.

Kecepatan adalah jumlah waktu yang dibutuhkan ponsel Anda untuk mengunduh konten halaman web. Latensi adalah waktu antara saat Anda mengirim teks ke ponsel teman dan ketika ponsel mereka mencatat pesan baru. Meskipun latensi diukur dalam milidetik, semua milidetik tersebut bertambah saat mengirim dan menerima paket informasi yang sangat besar untuk sesuatu yang kompleks seperti video - atau data mobil yang dapat dikendarai sendiri.
Latency sudah rendah dengan 4G, tetapi 5G akan membuatnya hampir nol.
Itu akan bagus untuk inovasi baru seperti game real-time jarak jauh - membantu orang di berbagai belahan dunia menggunakan perangkat yang terhubung internet nirkabel memainkan satu game dan semuanya berada di halaman yang persis sama pada saat yang sama.
Ini akan sangat penting untuk teknologi lain, seperti mobil self-driving, yang akan perlu mengirim sinyal tentang lingkungan mereka melalui internet ke komputer di cloud, meminta komputer menganalisis situasi dan mengembalikan sinyal ke mobil dengan mengatakan bagaimana caranya. menanggapi. Untuk memastikan keamanan kendaraan yang bisa menyetir sendiri (dan penumpangnya), komunikasi itu harus instan.

Faktor X: Keandalan
Begini masalahnya: Kecepatan besar dan kapasitas dan latensi rendah 5G bergantung pada spektrum band-tinggi. Tetapi spektrum pita tinggi, dengan area cakupan kecil, tidak terlalu dapat diandalkan.
Bahkan di kota-kota di mana operator mengatakan mereka telah menggunakan 5G, sulit untuk tetap terhubung ke jaringan.
Mungkin untuk beberapa saat, bahkan setelah perangkat yang diaktifkan 5G menjadi lebih banyak diadopsi, orang akan menggunakan campuran 4G dan 5G. Saat Anda dekat dengan menara 5G, perangkat Anda akan terhubung dan mengakses kecepatan super cepat. Ketika tidak, perangkat Anda akan kembali berfungsi pada 4G.

Strategi lain untuk membangun 5G memberikan keandalan yang lebih besar.
T-Mobile (TMUS) mengatakan bulan lalu mencapai jaringan 5G secara nasional karena, daripada menggunakan spektrum band-tinggi, T-Mobile menggunakan gelombang udara frekuensi yang lebih rendah untuk membangun jaringannya. Sinyal-sinyal tersebut mencakup area yang jauh lebih luas dan lebih baik dalam melakukan perjalanan melalui dinding dan pohon, tetapi "spektrum pita rendah" tidak memberikan manfaat dramatis yang kita pikirkan ketika kita memikirkan 5G.
Untuk saat ini, jaringan 5G T-Mobile menyediakan, rata-rata, peningkatan kecepatan pengunduhan 20% dibandingkan dengan 4G LTE, menurut juru bicara perusahaan. Itu perbedaan yang nyata dari kecepatan 100 kali lebih cepat dari 4G pada jaringan 5G frekuensi tinggi.
Akhirnya, baik frekuensi 5G lebih rendah dan lebih tinggi akan mencakup sebagian besar negara dan kami akan mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia.

0 Response to "Perbedaan Besar Antara 4G dan 5G"

Post a Comment

Dilarang komentar tentang SARA, judi, pornografi dan provokasi. Serta komen yang tidak menyinggung mengenai postingan, semisal : nice post, dsb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel